Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk berbagi pengetahuan tentang Bahasa Permrograman yang cukup populer, yaitu Java.

Kenapa JAVA?
Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP) dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Perkembangan Java tidak hanya terfokus oada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open source.

Pada tahap awal mempelajari Java, Software yang yang kita butuhkan ialah JDK (Java Development Kit)

Cara Install dan Setting JDK  di Windows
Pertama download lah versi terbaru dari JDK, kalian dapat mengunjungi situs Oracle ini dan memilih sistem operasi Windows serta bahasa yang digunakan. Setelah selesai di download, instal pada Windows sampai dengan selesai, instalasi berupa JDK dan JRE.

Saya disini menggunakan Windows 7, untuk windows versi lain tidak jauh berbeda dalam men-seting JDK-nya, hanya perubahan interface saja.

Setelah selesai menginstal kita perlu melakukan perubahan path pada sistem di Windows, caranya buka Start > klik kanan pada Computer  > System properties > Tab Advance > Environtment Variables > pilih System variable (kotak bawah) > pilih Path > Edit. Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah :

Tambahkan path “C:Program FilesJavajdk1.7.0_02bin” tanpa tanda petik setelah path yang ada dalam Variable Value.

;C:Program FilesJavajdk1.7.0_02bin ialah lokasi javac.exe berada, dan akan berubah-ubah sesuai versi JDK-nya. Tetapi susunan path biasanya akan tetap seperti ini ;C:Program FilesJavajdk1.xxxxxbin

Setelah itu untuk mengetes buka Command Promt dan ketikkan java -version. Nanti akan muncul keterangan tentang versi java yang Anda gunakan.

Oke, saya ucapkan Selamat Datang di Dunia Java! dan Anda Pasti BISA!