Aug.02

Radio Online Bergenre Kepesantrenan – Membuktikan Bahwa Islam itu “Damai”

Bagi reken-rekan santri mungkin agak sulit jika mencari radio-radio online yang bergenre (beraliran) kepesantrenan. Rata-rata dari radio online yang ada ialah radio online mereka yang berkata “Ini tidak ada dalam hadits, ini bid’ah!”, ada lagi radio yang yang berkata “Dia melakukan hal yang haram, harus dibunuh!, halal di bom! Allohu Akbar!”. Tidak perlu saya sebutkan nama-nama radio online tersebut yang sudah banyak tersebar di dunia maya. Saya heren, begitukah islam? mudah sekali mereka mengkafirkan seseorang. Begitukan ajaran Rosul?.

Berikut bebrapa radio online yang saya rekomendasikan. Beberapa radio yang menunjukkan bahwa “Islam Bukanlah Agama Kekerasan”. Jika temen-temen tahu radio yang lainnya, tolong kasih komentar :) .

1. Al Hidayah FM

Ini merupakan radio dari kota Surakarta (Solo). Radio bertaglaine “Media Dakwah Menjalin Ukhuwah” ini diisi dengan berbagai acara yang diantaranya Kajian On Air Siroh Nabawiyah oleh Habib Abu Bakar Fahmi AssegafKajian On Air Tafsir Al Qur’an oleh Habib Umar Bin Husein AssegafLive Kajian di Kediaman Habib Syech Bin Abdul Qodir AssegafMaulid Simtut Dhuror oleh Habib Syech dan masih banyak acara lainnya.

Dalam Radio ini juga sering diperdengarkan Sholawat Live Habib Syech bin ‘Abdul Qadir As Segaff, Ceramah KH. ‘Abdul Karim Ahmad (Gus Karim), saudara dari Gus KH. Muhammad Marda Al Hafidz – dewan Pengasuh Pondok Pesantren El-Bayan, Ceramah Habib Novel bin Muhammad Alaydrus dan masih banyak ceramah-ceramah dari kyai-kyai lainnya.

Alamat Webnya : http://fm.alhidayah.info/

Url Streaming, yang dapat diputar dengan aplikasi radio seperti Radio Sure, Winamp atau yang lainnya: http://alhidayah.pasar.tv:7930

2. Himmah FM

Jika mendengar nama Yaman, mungkin dalam hati temen-temen akan terbesit Al Qaida, teroris, rusuh, bom, perang dan yang ngeri-ngeri lainnya. Tapi tenang saja Radio ini bukanlah radio yang mengajak kepada hal-hal yang seperti itu. Memang di Yaman sana banyak aliran-aliran islam yang tidak pro dengan aliran-aliran Islam Indonesia – terutama NU (Nahdlatul ‘Ulama).

Radio ini merupakan radio online “Himpunan Mahasiswa dan Alumni Al Ahgaff” Republik Yaman. Acara-acara dalam radio ini diisi oleh para narasumber yang tidak lain adalah para mahasiswa Indonesia dan mahasiwa Indonesia alumni Al Ahgaff University Yaman. Acara-acara yang yang ada dalam radio ini tidaklah bersebrangan dengan faham NU malah sangat “Pro” dengan NU.

Beberapa acaranya diantara lain:

Kajian Riyadussalihin, Kajian Fathulqaribul Mujib Fittarhib Wattarghib, Kajian Nashoihul Ibad, Kajian Sirah Nabawiyah, Obrolan Santai Ustadzah, Dialog Sunnah Bidah, Obrolan Santri dan banyak acara-acara lain.

Web: http://himmahfm.com/

Url Streaming: http://www.serverroom.us/asx/listen265761.pls

3. RadioQuOnline

Radio yang satu ini merupakan radio milik beliau pengasuh Pondok Pesantren Al Bahjah – Cirebon Buya Yahya. Buya Yahya merupakan salah satu ‘Ulama Cirebon jebolan Al Ahgaff Yaman. Radio ini dijadikan olehnya sebagai media dakwah. Bagi temen-temen yang ada di Cirebon, berbagai dakwahnya juga dapat temen-temen saksikan di Cirebon TV.

Web: http://www.radioquonline.com/

Url Streaming: http://203.29.26.112:8199/listen.pls

Berikut sahare saya untuk kali ini.. semoga bermafaat, Salam Ukhuwah Fillah

Wassalamu’alaikum wa Rohmatullohi wa Barokatuh…

Activities,Risalah
Share this Story:
  • facebook
  • twitter
  • gplus

About Muhammad

Comment