Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit pengetahuan saya, yaitu membuat form upload gambar menggunakan PHP. Mohon maaf sebelumnya, artikel saya kali ini bukan ditujukan untuk temen-temen yang sudah mahir web programming, artikel ini merupakan tutorial dasar bagi mereka yang baru mempelajarinya seperti saya. :D

Pengaturan Form Upload

Penjelasan

Simpanlah script diatas dengan nama upload.html Yang perlu digaris bawahi dari script diatas adalah kita harus menggunakan elemen input file (input type=”file”) yang berfungsi untuk mengambil sebuah file dari komputer kita. Selanjutnya yang tidak kalah penting agar file dapat terupload adalah menambahkan atributenctype=”multipart/form-data” dan method POST (method=”post”) kedalam form HTML kita.

Jika sudah, kita ketikkan script dibawah ini:

Proses Upload

Penjelasan

Simpanlah dengan nama file aksi-upload.php.

Dengan script diatas, temen-temen akan mengupload file kedalam folder berkas. Untuk lebih jelasnya tentang cara penempatan folder dan file-filenya bisa lihat gambar ini:

Informasi file yang diupload dapat temen-temen ketahui dari variabel global $_FILES dalam bentuk associated array. Kembali ke file upload.html, pada baris ke-3 terdapat tipe input dengan atribut name=”picture”. Dengan adanya atribut name=”picture”  tersebut temen-temen nantinya akan dapat mengakses informasi file yang diupload di variabel $_FILES['picture'].

$_FILES['picture'] adalah associated array dengan struktur sebagai berikut:

Berisi nama file yang sedang diupload.

Mime type dari file yang sedang diupload, jika browser memberikan informasi ini. Contoh: image/png, image/gif

Ukuran atau size file yang temen-temen upload dalam byte.

Nama file temporer dari file yang sedang diupload yang disimpan di temporari folder server

Error code yang berhubungan dengan file yang sedang diupload

Sekian tutorial kali ini, yang perlu diinget HTML form harus memiliki atribut enctype=”multipart/form-data” agar file mau ter-upload.

Thax to myphptutorials.com. Berikut script yang siap download: